English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pencarian

Bacaan

Jumat, 17 Desember 2010

Perbandingan OS


PERBANDINGAN
1.      Windows 3X, Windows 95, Windows ME dan Windows XP
v  Windosw  3X dapat menampilkan font  Truetype fonts, yang dikerjakan bersama-sama dengan pabrikan Appel, dan ternyata terdapat juga didalamnya banyak sekali perbaikan terhadap bug dan juga dukungan terhadap multimedia.



v  Windows 95 masuk kedalam golongan system operasi  hibrida yaitu terdiri dari 16 bit/32bit. Windows 95 yang mempelopori  windows sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas. Didalam windows 95 menggunakan rancangan menu Start selain itu terdapat menu inovatif untuk mengakses grup program (pengganti program manager), selain itu juga ada windows Exsplorer sebagai pengganti File Manager,serta terdapat dukungan plug-and-play, dukungan program aplikasi MS-DOS, dan  ada juga dukunangan bagi nama-nama berkas file yang panjang sampai 256 karakter serta ada browser opsional Microsoft internet explorer.
v  Windows ME atau Windows Millennium Edition Pada dasarnya perkembangan dari windows98 Cuma windows ini di desain khusus untuk pengguna rumahan. Dan bertujuan untuk menggantikan pasar system operasi sebelumnya,Windows95 dan Windows98, Windows ini dapat bekerja atau beroperasi tanpa MS-DOS. Windows ME jga awal transisi dari 16 bit  ke 32 bit  dan dapat mendukung dengan baik. Windows ME mulai diluncurkan kepasaran akhir 2000.
v  Windows XP masuk jajaran system operasi berbasis grafis yang dibuat untuk digunakan pada computer pribadi yaitu computer rumahan dan desktop bisnis,laptop, dan pusat media. Windows xp juga menyajikan antar muka grafis yang telah dirancang atau direkayasa secara signifikan hingga perubahan tersebut dipromosikan oleh Microsoft sebagai tampilan yang lebih atau condong user-friendly   dibandingkan dengan versi windows sebelumnya. Pada windows xp juga terdapat manajemen software baru yang disebut side-by-side assembly yang berfungsi atau memiliki fungsi untuk memperbaiki masalah yg terdapat pada (DLL Hell) yang sering muncul pada Windows 9X. Windows XP juga memiliki Windows XP media center edition yang memiliki fitur multimedia tambahan yg memiliki kemampuan untuk merekam dan menonton Acara Tv,melihat film DVD,dan mendengarkan music.

2.       Windows NT, Windows 2000 Server, Windows 2003 Server dan Windows 2008 Server
v  Windows NT memiliki dukungan device driver  yang sedikit karena dianggap untuk mengembangkan device driver  untuk Windows NT cukup Rumit. Selain tentunya Windows NT juga memiliki superioritas dalam model abstrak perangkat kerasnya, masalah ini terus menghantui Windows NT dari mula-mula keluar sampai Windows NT 5.0 (Windows 2000). Para programmer juga meneluhkan dalam mengembangkan device driver windows  NT sangat lah rumit.
Akan tetapi, dalam fitur-fitur Windows NT menawarkan beberapa pilihan koneksi jaringan yang luas dan tentu saja system berkas NTFS yang efisien.


v  Windows 2000 Server merupakan nama laen dari Windows NT 5.0 yang dikembangkan oleh Microsoft dari versi sebelumnya yaitu Windows NT 4.0 . kelbihan atau fitur yaitu Active Directori yang baru, Image Priview, browser exsplorer yg baru juga yaitu Internet Explorer 5.0, Plug and play yang lebih canggih sehingga memasang hardware tertentu dapat jalan tanpa harus pakai proses restart dan juga ternyata windows ini menggunakan driver hardware berbasis Windows Driver Model atau dikenal juga dengan WDM. Serta dukungan untuk Microsoft direcx. Sebelumnya dalam windows NT 4.0 hanya mendukung akselerasi OpenGL saja.
v  Windows 2003 Server terdapat fitur standar yang dimiliki oleh server yaitu file service, print service, atupun application service yang bias diinstal seperti SQL server. Selain fitur standar tersebut juga terdapat fitur2 diantaranya Domain Controller Server, Windows Terminal Services meski kurang ideal untuk diimplementasikan dalam jaringan skala besar yang berakibat adanya limitasi proses dan memory. Serta mendukung mendukung pembagian beban jaringan meski tidak dapat digunakan sebagai sebuah cluster.
v   Windows 2008 Server Memiliki keunggulan diantaranya network stack yang ditulis lagi dari awal (IPv6, jaringan nirkabel, kecepatan, dan peningkatan keamanan) contoh keamanan  yang terdapat diwindows 2008 Server  yaitu seperti BitLockerv Drive Encryption, Address space layout Randomization (ASLR). Akan tetapi ada  juga kesamaan dengan Windows Vista yakni arsitektur dan fungsionalitas saja.
3.      Sun,Linux,MacOS, dan Free BSD 
v  Sun Operating system merupakan produk dari Unix dan dikembangkan oleh Sun Microsystem. Sun dapat dijalankan atau dioperasikan diatas proses beraspek x86,x64 dan SPARC.
v  Linux system operasi , perbedaan yang paling jelas antara Linuk dan system operasi lain  adalah terletak pada karnel Linux dan komponen-komponennya yang bebas dan terbuka. Selain itu tentu saja Linux tidak terlalu beda dengan system operasi yg lainnya. Seandainya adapun Cuma sedikit program.
v  MacOS adalah singkatan dari Macintosh Operating System, Mac OS system operasi yg dibuat oleh apple computer khusus Macinthos dan tidak kompatibel dengan Personal computer berbasis IBM. Mac OS  telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.
v  Free BSD system operasi merupakan sistem operasi yang bertipe Unix bebas, Free BSD berjalan atau bekerja diatas sistem Intel x86 (IA-32) yang termasuk Intel x86 salah satunya adalah Power PC.
4.       Windows Mobile,Symbian,Blackberry,iphone dan Android
v  Windows Mobile merupakan Sistem Opersi yang dikembangkan oleh si windows untuk diterapkan pada smart fone dan juga diterapkan juga pada perangkat nirkabel lainnya. Selain itu Windosw mobile juga didesain sampai semirip mungkin dengan windows untuk dekstop. Jdi tidak ada perbedaan dengan Sistem Opersi Windows pada dekstop secara desain. Tipe terbaru Windows Mobile yaitu Windows Mobile 6.5 .
                                                                                                                                          
v  Sistem Operasi Symbian sistem operasai symbian ini memiliki antar muka pemrograman atu yang lebih bekennya dikenal dengan sebutan API atau Application Progremming Interface. Symbian juga dapat melakukan opersai secara  multithreading dan Multitasking. Serta symbian juga dapat  melakukam pengamanan terhadap memori. Karena terdapat operasi multithreading dan Multitasking mak symbian dapat menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus.

v  Blacberry memiliki layanan push email, menjelajah internet dan juga kemampuan system nirkabel lainnya didalam Blackberry terdapat RIM yang menyediakan system operasi multi tugas atau Multi-tasking system operasi.blackberry juga terdapat sisitem email yang terorganisir melalui paket perangkat lunak yang sering disebut Blackberry Enterprise Sistem.

v  iPhone merupakan system operasi yang diproduksi oleh apple memungkinkan anda saling mentransfer data secara cepat. (itu setahu saya).

v  Android system opersai merupakan system operasi untuk handphone yang berbasis Linux, didalam system operasi android kita dapat menggunakan dan menghapus komponen yang telah tersedia, serta mesin virtualnya dioptimalkan untuk mobile. Selain itu juga terdapat SQlite untuk menyimpan data.

0 komentar:

Posting Komentar